Apakah Artikel Direktori Masih Bagus Untuk Search Engine?

Untuk menaikkan website di peringkat pertama halaman 1 Google, ada beberapa cara yang biasa dilakukan oleh kebanyakan orang. Salah satunya ialah dengan memanfaatkan artikel direktori. Artikel direktori digunakan sebagai cara untuk membangun link dengan tujuan meningkatkan traffic pengunjung ke blog.


Anda bisa membuat artikel direktori yang berkualitas, kemudian diposting pada Artikel Direktori. Ini merupakan media atau situs yang mempersilahkan kontributor lepas untuk berkontribusi memposting artikelnya. Artikel direktori ini dimanfaatkan untuk menanam backlink pada situs website seseorang sehingga bagus untuk search engine.

Selain dapat meningkatkan ranking di mesin pencari Google, manfaat yang didapatkan oleh penulis ialah menjadi personal branding. Dia akan menjadi terkenal karena bisa menulis di situs besar.

Akan tetapi dalam memanfaatkan artikel direktori, Anda harus memperhatikan tentang link artikel tersebut. Link yang bagus untuk search engine adalah link atribut dofollow, bukan nofollow. Inilah yang akan menjadi backlink situs Anda.

Jika berencana ingin memanfaatkan artikel direktori untuk menaikkan ranking website, Anda bisa memilih beberapa situs yang termasuk artikel direktori. Daftar situs ini memiliki pengaruh yang cukup besar dalam dunia internet. Yuk langsung saja kita bahas!


1. Ehow

Siapa yang tidak kenal dengan situs Ehow. Ehow menjadi situs direktori terbesar di dunia karena paling sering dikunjungi oleh pengunjung. Bahkan, visitors situs ini mampu mencapai 80 juta dari seluruh penjuru dunia. Dalam situs ini, ada lebih dari 2 juta artikel serta video instruksi yang berkualitas. Anda bisa berpartisipasi mengirimkan artikel ke situs ini. Anda akan mendapatkan fee atas kontribusi ini. Meski jumlahnya tak besar, lumayan sebagai pendapatan pasif.

2. EzineArticles

Selain eHow, ada EzineArticles yang merupakan situs direktori tertua di internet. Banyak para kontributor yang mengirimkan artikel dengan tema sesuai yang diminati. Anda bisa membuat konten berkualitas kemudian dikirimkan ke situs ini untuk membangun backlink.

3. Squidoo

Sebenarnya, Squido bukan merupakan artikel direktori jika ditinjau secara teknis. Akan tetapi, Anda bisa mengirimkan artikel ke situs ini untuk menaikan rank website Anda. Hal yang luar biasa di situs Squidoo adalah Anda bisa membuat hingga 9 backlink. Ada syarat yang ditetapkan oleh Squidoo agar artikel diterima. Situs ini akan menerbitkan artikel yang informatif, bukan spam dan ditulis dengan baik.

4. ArticlesBase

Jenis artikel direktori yang bisa dipertimbangkan adalah ArticlesBases. Jenis konten yang ada di situs ini hampir mirip dengan Ezinearticles. Akan tetapi, link eksternal yang ditetapkan oleh ArticlesBase ialah jenis atribut nofollow. Jenis ini membuat Anda tidak bisa menggunakan artikel yang diposting di situs ini sebagai backlink untuk keuntungan SEO. Meskipun demikian, apa salahnya dicoba?

5. Technorati

Artikel direktori berkualitas yang bisa membawa pengaruh baik untuk SEO adalah Technorati. Anda bisa membuat artikel direktori dengan beragam tema sesuai dengan yang Anda kuasai. Pasalnya, Technorati menampung artikel dengan berbagai tema dari teknologi hingga politik. Para kontributor bebas ingin menulis artikel dengan tema apa saja.

6. Buzzle

Buzzle adalah artikel direktori yang memiliki pengunjung sangat tinggi. Kontributor yang mengirimkan artikel ke situs ini tidak akan mendapatkan bayaran. Akan tetapi, ada keuntungan yang lebih dari sekedar uang. Penulis akan mendapatkan personal branding atau pengakuan atas karyanya yang diterbitkan di situs ini. Sayangnya, Buzzle tidak menerima artikel eksternal sebagai media promosi.

Artikel direktori masih memiliki fungsi yang baik untuk meningkatkan ranking website di halaman Google. Hanya saja, kita harus pintar memiliki situs direktori supaya mendapatkan atribut link eksternal jenis dofollow sebagai backlink.