Tips Beriklan Hemat di FB Ads

Salah satu metode pemasaran online adalah melalui FB Ads. Banyaknya pengguna Facebook melatarbelakangi metode ini. Iklan ini berbayar, namun hasilnya cukup efektif jika Anda tahu kuncinya. Tak jarang biaya iklan semakin mahal saat iklan berjalan/tayang. Pengeluaran pun semakin membengkak. Jika biaya untuk iklan lebih banyak daripada tingkat penjualan, tentu hal ini akan membuat Anda rugi. Hal seperti ini sering disebut dengan istilah boncos.


Agar bisa menekan biaya iklan di Facebook Ads, berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda perhatikan.

1. Gambar Iklan Harus Menarik atau Eye Catching

Dalam menampilkan iklan di FB Ads, buatlah gambar produk semenarik mungkin. Tujuannya ialah untuk membuat setiap orang yang melihat akan mengeklik iklan tersebut. Sebaliknya, gambar produk yang kurang menarik membuat pengguna Facebook enggan melihatnya.

Anda akan mendapatkan banyak interaksi jika menggunakan gambar menarik pada postingan iklan. Warna dasar Facebook adalah biru. Untuk itu, usahakan untuk menggunakan warna lain yang mencolok yang berbeda dengan warna biru ini. Contohnya saja Anda bisa menggunakan warna merah, kuning atau warna cerah menarik lainnya yang mencolok sehingga membuat orang tertarik.

Ukuran gambar sebaiknya memiliki resolusi 1.200 x 628 atau yang mendekati ukuran tersebut. Facebook memiliki aturan bahwa dalam gambar boleh menggunakan teks, namun banyaknya tidak boleh lebih dari 20%.

Gambar yang bagus akan berpengaruh terhadap biaya yang dikeluarkan karena saat banyak orang yang mengeklik iklan kita, maka kita akan mendapatkan result yang lebih banyak dibandingkan reach iklan.

2. Bikin Judul yang Membuat Orang Penasaran

Tips selanjutnya untuk membuat biaya iklan FB Ads murah adalah menggunakan judul yang bikin orang penasaran. Tak perlu panjang, judul bisa sesingkat mungkin. Meskipun tujuannya membuat orang penasaran, Anda tidak boleh lebay dalam membuat judul. Tetap gunakan logika yang bisa dipertanggungjawabkan. Selain itu, kebijakan Facebook juga akan menolak beberapa judul yang terlalu ekstrem seperti “ Hanya Dalam Waktu 3 Hari Anda Bisa Sembuh dari …”.

3. Atur Target Iklan Sesuai Umur, Lokasi, Minat atau Hal Lain Sesuai Produk

Anda harus mencari target market Anda. Caranya ialah dengan melakukan pengaturan mengenai data pengguna Facebook. Contohnya, jika produk Anda termasuk produk dengan harga mahal, coba targetkan pada pengguna Facebook yang memiliki penghasilan tinggi misalnya bisa dilihat dari ketertarikannya.

Jangan sampai iklan Anda tidak tepat sasaran. Jika Anda mampu menarget audiens sesuai dengan target market, maka Anda bisa mendapatkan biaya FB Ads dengan harga murah. sebab, Anda hanya perlu menjangkau orang-orang yang punya ketertarikan pada produk tersebut.

4. Melakukan Test Iklan

Selanjutnya, Anda perlu melakukan test iklan. Buatlah Ad Sets dan Ad Unit, bukan berbentuk Campaign. Hal ini perlu dilakukan untuk menemukan iklan mana yang paling menguntungkan, dan iklan seperti apa yang akan menekan biaya beriklan di Facebook.

Dalam hal ini, Anda mencoba membuat beberapa iklan.

Nantinya, Anda akan menemukan iklan mana yang paling tepat dengan harga paling kecil, namun hasilnya bagus. Itulah saatnya Anda memberhentikan iklan lainnya. Anda cukup menggunakan iklan yang biayanya kecil saja.

Dengan memperhatikan tips di atas, melakukan iklan FB Ads akan semakin hemat. Anda bisa memasang iklan dengan biaya kecil tanpa takut boncos. Banyak yang bilang bahwa melakukan iklan FB Ads gampang-gampang susah. Kuncinya ialah tekun, telaten dan jangan malas untuk mencoba. Jika hal tersebut dilakukan, maka keuntungan penjualan produk akan Anda dapatkan. Sebab, beriklan di Facebook sangat efektif mengingat semakin banyak pengguna akun sosial media ini.